top of page

Aneka Kerupuk di Indonesia


Kerupuk renyah serta memberi cita rasa. Popularitas kerupuk tidak cuma di nusantara.

Kerenyahannya demikian disukai sebagian negara tetangga di Asia. Hingga Korea serta Tiongkok pesan kerupuk sejumlah USD950 ribu atau sekitaran Rp 12, 9 miliar.

Kerupuk gampang diketemukan hampir di semua daerah di Indonesia. Banyak type kerupuk bikin banyak pula santapan khas nusantara yang dihidangkan dengan penganan renyah ini.

Umumnya kerupuk terbuat dari kombinasi terigu atau tepung tapioka dengan bahan perasa lain, umpamanya ikan atau udang. Tetapi ada pula sebagian type kerupuk yang terbuat dari kulit hewan atau tumbuhan lain.

Tersebut beberapa jenis kerupuk dari banyak daerah di Indonesia yang dapat Anda dapatkan dalam sehari-harinya.

Kerupuk kemplang

Terdapat banyak di Sumatera, terutama di Palembang. Kerupuk ini terbuat dari daging ikan yang telah dihaluskan serta digabung dengan tepung tapioka.

Ikan yang dipakai umumnya yang berdaging putih, umpamanya belida atau gabus. Dapat pula memakai ikan berdaging merah, tetapi umumnya warna kerupuk bakal jadi cokelat atau keabu-abuan.

Adonan kerupuk lantas dibuat bulat pipih melebar, dikukus, dijemur sampai kering sebelumnya lalu dipanggang. Ya, kerupuk ini di proses bukanlah langkah digoreng seperti kerupuk umumnya.

Langkah menyantapnya juga cukup unik. Anda dapat mencocolkan kerupuk ke sambalnya yang terbuat dari asam, cabai serta gula pasir.

Kerupuk kulit

Kerupuk kulit terbuat dari kulit sapi atau kerbau. Kulit dibikin bersih, di rebus, dijemur sampai kering baru lalu di beri bumbu serta digoreng.

Begitu di kenal di banyak daerah, karena itu penyebutan makanan ini dapat tidak sama. Di Sumatera Barat kerupuk yang biasanya terbuat dari kulit sapi atau kerbau ini dinamakan jangek. Sedang di Solo, kerupuk kulit dimaksud rambak.

Di Yogyakarta, kerupuk kulit sapi digunakan sebagai kombinasi gudeg, di buat sayur serta di beri penambahan cabai. Kerupuk kulit ini lalu diberi nama krecek.

Di Bali, kerupuk kulit umumnya terbuat dari kulit babi.

Kerupuk gendar

Banyak yang menyebutkan kerupuk ini sebagai karak, atau kerak nasi. Hal itu karena kerupuk ini memanglah terbuat dari nasi yang mengerak.

Untuk membuatnya, pertama nasi di beri bumbu lantas ditumbuk sampai padat. Nasi yang sudah dihaluskan ini lalu dibuat memadat lantas iris beberapa tidak tebal. Hasil irisannya dijemur sampai kering. Kemudian kerupuk gendar siap untuk digoreng.

Rempeyek

Tak di ketahui tentu dari tempat mana rempeyek berasal. Tetapi kerupuk yang satu ini banyak dipakai sebagai makanan pelengkap waktu menyantap nasi pecel di daerah Madiun, Jawa Timur.

Langkah bikin kerupuk ini cukup gampang. Resepnya juga terdapat banyak di internet.

Anda cuma memerlukan tepung terigu yang digabung santan, daun jeruk, kacang tanah yang sudah dicincang serta ketumbar. Adonan itu digabung jadi satu, lantas dituang ke minyak panas beberapa tidak tebal sampai masak.

Kerupuk miskin

Diberi nama kerupuk miskin (miskin) lantaran kerupuk ini digoreng tak memakai minyak, tetapi dengan pasir yang dipanaskan dalam wajan. Konon pada awalnya kerupuk ini di proses lewat cara sekian lantaran si pengolah tak mempunyai cukup minyak untuk menggoreng.

Nyatanya pasir malah memberi aroma serta rasa gurih pada kerupuk ini. Sesaat bebasnya kerupuk warna-warni ini dari minyak membuatnya lebih rendah cholesterol.

Amplang

Kerupuk amplang terbuat dari daging ikan tenggiri yang sudah digiling lalu digabung dengan tepung serta bumbu yang lain. Kerupuk amplang berupa bulat kecil-kecil.

Kerapkali juga bulat dengan ujung meruncing, mirip kuku macan. Hingga di Samarinda, Kalimantan Timur kerupuk ini diberi nama sebagai kerupuk kuku macan.

Terkecuali di Indonesia, amplang dikenal juga di Malaysia.

Rengginang

Kerupuk yang juga terbuat dari olahan beras ini diberi nama rengginang. Bedanya dengan gendar, rengginang terbuat dari olahan beras ketan.

Langkah membuatnya, ketan yang telah ditanak lalu di beri bumbu lantas dibuat bulat pipih dengan rongga-rongga hawa, lalu dijemur sampai jadi kering. Ketan yang sudah jadi kering ini lalu siap untuk digoreng.

Rengginang di kenal datang dari Wonogiri, Jawa Tengah. Saat ini rengginang tidak cuma dibumbui gurih, tetapi ada juga rasa lain seperti manis serta asin.

Kerupuk kampung

Kerupuk kampung ini paling banyak diketemukan di kaleng kotak biru yang terdapat banyak warung-warung. Memiliki bentuk bulat pipih selebar telapak tangan.

Wujudnya tak padat agak serupa mi, walau teksturnya tidak sama. Kerupuk berwarna putih ini terbuat dari tepung tapioka yang dibumbui sedikit gurih.

Lantaran rasa-rasanya yang tidaklah terlalu kuat, kerupuk ini kerapkali dikonsumsi sebagai rekan menyantap beragam type makanan. Umpamanya soto, mi instan atau sebatas menyantap nasi serta lauk pauk.

Kerupuk mi

Serupa kerupuk kampung, cuma saja kerupuk mi mempunyai rasa bumbu yang lebih asin, warnanya juga kuning jelas. Bahan yang dipakai juga serupa dengan kerupuk kampung. Bedanya ada pada langkah mengolahnya.

Sebelumnya digoreng, kerupuk mi di celupkan dengan sebagian bumbu halus berbentuk bawang putih, garam serta air. Kemudian kerupuk mesti dijemur kembali supaya bumbu meresap. Sesudah jadi kering, barulah lalu kerupuk digoreng kering.

Umumnya kerupuk mi dihidangkan dengan sambal kacang yang pedas. Dapat pula di buat sebagai pelengkap pada asinan Betawi.

Kerupuk udang

Paling banyak didapati berbentuk 1/2 lingkaran dengan lengkungan dibagian dalamnya, serupa bln. sabit. Kerupuk udang terbuat dari tepung tapioka, udang yang ditumbuk halus dan rempah serta penambah rasa yang lain.

Memiliki bentuk bermacam, tetapi yang paling banyak didapati yaitu yang mirip bln. sabit serta tidak tebal.

Di banyak daerah seperti Lamongan serta Surabaya, sesudah digoreng kering kerupuk udang umumnya ditumbuk berbarengan dengan bawang putih goreng. Bubuk kerupuk udang serta bawang putih ini di kenal dengan nama koya serta disantap sebagai taburan soto.

Kerupuk jengkol

Untuk membuatnya, jengkol yang telah di rebus bakal ditumbuk sampai halus, lalu di beri tepung tapioka, garam, bawang putih serta penyedap rasa. Adonan kerupuk lantas dikukus sebelumnya dijemur serta digoreng.

Terkecuali di daerah Jawa, di Sumatera terutama Palembang juga mengetahui kerupuk jengkol sebagai pelengkap makan nasi serta lauk pauk. Rasa serta aroma jengkol akan tidak sangat kuat sesudah kerupuk masak.

Jengkol dapat juga di buat kerupuk type lain lewat cara dibumbui, ditumbuk sampai pipih lantas digoreng sampai mekar. Kerupuk type ini di kenal dengan nama emping jengkol.


Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Clean
  • Twitter Clean
  • Instagram Clean
  • White YouTube Icon
  • RSS Clean
bottom of page